PROFESI-PROFESI DALAM BIDANG TI

PROFESI-PROFESI DALAM BIDANG TI

Definisi dari profesi dari berbagai sumber adalah:

 

  • Profesi merupakan suatu pekerjaan yang mengandalkan keterampilan dan keahlian khusus yang tidak didapatkan pada pekerjaan-pekerjaan sebelumnya.
  • Profesi merupakan suatu pekerjaan yang menuntut pengemban profesi tersebut untuk terus memperbaharui keterampilannya sesuai perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi.

 

Seorang pelaku profesi harus memiliki sifat – sifat berikut :

 

  1. Menguasai ilmu secara mendalam di bidangnya
  2. Mampu mengkonversi ilmu menjadi keterampilan
  3. Menjunjung tinggi etika dan integritas profesi

 

  • Profesional adalah orang yang menjalankan profesinya secara benar menurut nilai-nilai normal.

 

Untuk menjadi orang yang professional, diperlukan : komitmen, tanggung jawab, kejujuran, sistematik berfikir, penguasaan materi, menjadi bagian masyarakat professional

 

Sedangkan definisi dari ti(teknologi Informasi ) menurut beberapa ahli yaitu :

 

a. ,menurut Haag dan Keen (1996) : teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

B.Menurut martin (1999) : teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

C. menurut Willams dan Sawyer (2003) : teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

Dari beberapa definisi diatas, teknologi informasi mencakup gabungan antara teknologi computer dan teknologi telekomunikasi.

 

Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya terbagi dalam 3 kelompok sesuai bidangnya yaitu:

  1. A.    Computer Engineering(rekayasa komputer).
  1. Computer System&networking System(sistem dan jaringan komputer).
  2. Software Development&consulting (pengembang & konsultasi piranti lunak.

 

  1. A.    Bidang Computer Engineering

Bidang ini adalah yang paling bersifat konkrit karena tujuan akhirnya adalah menghasilkan produk yaitu sebuah Komputer atau sebuah peripheral. Computer engineering berkaitan dengan desain, pengembangan dan testing hardware komputer / peripheral dari mulai teknologi semikonduktor, mikroprosesor, circuit, interfacing hingga pengembangan embedded software dalam sebuah mikrokontroler.

 

Tugasnya seperti :

 

1.Mendesain dan membangun interface antara komputer dengan peralatan-

peralatan lain

2. Membangun software yang mengontrol interface (biasanya menggunakan bahasa C)

3. Mendesain dan membangun solusi menggunakan embedded sistem / mikrokontroler

4. Membangun software untuk menjalankan mikrokontroler (biasanya menggunakan bahasa assembly)

5. Testing hardware.

  1. B.     Bidang Computer System & Networking

Bidang ini berkaitan dengan desain, implementasi dan pemeliharaan infrastruktur jaringan computer baik LAN maupun WAN, teknologi server hingga optimasi serta administrasi sistem komputer. Berikut ini adalah profesi-profesi yang berkaitan:

B1.System Support / Technical Support Contoh pekerjaan yang dilakukan oleh profesi ini adalah mensupport/me-maintance/ memelihara sistem komputer berupa hardware atau software yang sudah berjalan serta memberikan dukungan teknis terhadap software dan hardware yang telah atau akan diimplementasikan.

Tugas:

1. Memelihara dan memastikan sistem yang ada berjalan dengan baik

2. Instalasi sistem baik hardware maupun software

3. Troubleshooting dan perbaikan system

4. Memberikan pelatihan ke para pengguna sistem

 

****contoh seorang technical support yang baik diantaranya adalah:

  • update, dan implementasikan, maksudnya adalah kemampuan menggunakan pengetahuan pada situasi baru, IT itu selalu berkembang, dan kita juga ngga bisa tinggal diam, seorang IT technical support harus selalu mengembangkan dirinya terhadap hal hal yang baru, metode metode yang baru, sistem yang baru, walaupun di dalam infrastruktur IT kita kita belum memiliki sistem tersebut, jawabanya adalah “Virtualisasi”.

dengan kemampuan ini disertai dengan kemampuan berfikir yang logis dan praktis akan membentuk kemampuan seorang troubleshooter yang handal sehingga kemampuan dengan mengadaptasi suatu pengetahuan pada situasi yang baru akan sangat penting dan baik untuk seorang support

 

  • Disiplin Pribadi, segala sesuatu yang harus dikerjakan oleh seorang IT technical support seharusnya terjadwal dan tertata dengan baik.menjadi support yang berdisiplin mempengaruhi beberapa aspek, misalnya dengan membuat daftar jadwal, deadline, meeting, dengan membuat prioritas deadline ini maka support menunjukan rasa hormat terhadap waktu user

 

  • Menghormati semua user, Angota tim, dan atasan, meski tidak dibalas, hal ini merupakan bagian yang cukup sulit, terkadang kalau kita selesai membantu orang kita pasti berharap, ya , setidaknya tersenyum dan say “thanks!”, bagaimana kalau dia tetep jutek ?, ingat bukan itu inti dari semua ini karna, yang paling penting adalah persepsi user terhadap masalah dan itulah yang harus di jawab oleh seorang support.menunjukan rasa hormat merupakan sebuah pernghargaan atas nilai pengetahuan seseorang.kenapa hal ini penting untuk seorang support karena jika user tidak percaya bahwa kita tidak dapat menangani masalah dengan baik maka kita akan mengalami kesulitan komunikasi.

 

  • kemampuan dan mau berkomunikasi, hal ini juga sangat baik untuk kita pada saat kita mengidentifikasikan masalah yang ada oleh user, kita harus memiliki social engineering yang baik dengan jadi pendengar yang baik dan ramah, user akan lebih senang menceritakan masalahnya .karna seorang support adalah jembatan antara user dan support dan support juga di kenal di semua kalangan organisasi, maka dari itu support harus dapat menerjemahkan antara bahasa teknis dan bahasa sehari hari sehingga user dengan mudah mencerna penjelasan seorang support, support harus belajar mendengarkan user, melihat realitas masalah, menerjemahkan deskripsi mereka kedalam bahasa teknis dan memperbaiki segaligus menjelaskan solusi masalah yang dialami agar bisa di mengerti user

 

  • kemampuan berfikir logis dan kreatif, hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi seorang technical support karna setiap penjelasan memiliki jawaban teknis yang logis yang harus dijelaskan ke user dengan semudah mungkin untuk dipahami ketika user bertanya.support harus memiliki teknologi yang konsisten dan pola berfikir yang logis dalam menyelesaikan masalah, sehingga dengan begini walaupun support menemui masalah baru namun kemungkinan besar ia dapat memecahkan masalahnya, atau setidaknya ia mengetahui mekanisme masalah yang dialamainya.

 

 

  • Sikap rendah hati, ini juga penting, karna jika kita merasa aji mumpung kita yang paling jago soal IT kita bisa semena mena, kalau kita berfikir orang lain tidak bisa bekerja tampa kita, hal itu sudah salah besar, karna itu akan mencerminkan bahwa IT technical support adalah pusat degradasinya performance kerja, karna yang harus kita lakukan hanyalah agar kita tidak sombong terhadap user, dan menghargai penjelasan user dalam prosesnya support harus siap untuk membaca manual, menerima koreksi dari yang lain menanyakan solusi kepada kolega atau bahkan menekan f1 untuk help, untuk mewujudkan hal itu semua dibutuhkan sikap yang rendah hati.

 

  • Belajar dari pengalaman dan pelatihan, yup, jangan takut sama hal ini, intinya sih belajar,coba,rusakin .support harus selalu mengupdate pengetahuanya di bidang nya, karena karakteristik teknologi tidak pernah berhenti terhadap waktu dan akan terus berkembang, dan jika seorang support ingin tetap produktif maka ia harus selalu mengupdate pengetahuanya

 

 

  • cara kerja yang terperinci, yaitu dengan memperhatikan hal hal kecil yang ada di komputer, dan kita diharuskan mengetahui seluruh sistem dan cara kerja komputer, jadi pada saat kita melakukan troubleshoot kita melakukanya dengan step yang baik. dan akan mendapatkan hasil yang cepat dan analisis yang tepat .dengan memberi perhatian pada hal kecil yang ada di komputer adalah hal yang penting bagi seorang support sehingga dengan membebaskan masalah user sementara kita dapat memecahkan persoalan yang masih harus dihadapi

 

  • dedikasi dan komitmen menyelesaikan masalah, jangan pernah menyerah, karna kita harus mencari permasalahan sampai ke akar2 nya dan menyelesaikanya. seorang support harus memiliki komitmen untuk melihat masalah sampai ke penyelesaianya dimana seperti yang kita ketahui kepuasan user terletak dari keberhasilan kita menjawab permasalahnya untuk kembali bekerja

 

  • Dapat menentukan prioritas, dengan mempelajari sistem kerja yang ada di perusahaan kita dapat menentukan prioritas siapa yang lebih di dahulukan ? kalau aku sih yang lebih di dahulukan adalah “Staff” daripada “Boss” karna bos tinggal nyuruh staff untuk kerja.support harus mengetahui peran masing masing karyawan dalam organisasi sehingga jabatan / fungsi kerja dari karyawan yang meminta bantuan akan menjadi faktor utama dalam memberi prioritas tugas

 

  • berbagi pengetahuan dengan anggota tim, atasan, dan, user, dengan cara mengajari user dengan bahasa yang lebih mudahaspek pengetahuan khusus dari kemampuan komunikasi support adalah mau berbagi pengetahuan, selain itu support juga harus mau mengedukasi user,melatih user, supaya menggunakan aplikasi dan periferal secara efektif dan mengajari mereka bagaimana cara melaporkan masalah komputer secara akurat.

 

  • Minat akan teknologi, slalu ter update mengenai bidangnya ya dengan langganan majalah komputer ( minta bayarin kantor ) support juga harus memiliki minat yang tinggi atas perjalanan teknologi hal ini akan berpengaruh saat organisasi berada dalam tahap pembaruan, sehingga support akan mempengaruhi sikap user dalam pembaharuan dan penggunaan teknologi terbaru ini

 

 

 

****    Contoh sikap buruk seorang IT Technical support

 

  • melakukan Komunikasi yang tidak sepantasnya, (misalnya he he, mau bantu masalah user tapi muka cemberut ? ) kalau misalnya kita disuruh memasang cartridge printer, tentu kita akan memasang cartridge itu, namun jika kita memasang cartridge itu dengan muka yang cemberut, dan resah, dan berfikir apakah kita menghabiskan kuliah 4 tahun untuk memasang cartridge ?
    itu semua salah… kenapa tidak jadikan saja kesempatan untuk mengedukasi user ?

 

  • Pamer, dengan menggunakan bahasa yang tidak benar akan terkesan pamer di mata user, seperti bersihkan cache windows dan hapus objek network, ini mungkin banyak user yang tidak memahami arti ini, sehingga dimaata kita itu adalah benar, dan user akan terlihat bodoh dan menilai kita pamer seolah olah kita adalah superior dalam hal itu.lebih baik berikan instruksi klik by klik

 

  • Hilang kesabaran, (aku masih payah di areal sini nih), terkadang ada beberapa user yang buta terhadap komputer dan pengoprasianya, dan membuat kita kehabisan kesabaran. karna beberapa masalah kecil dari user yang tidak dapat menggunakan komputernya.

 

  • Kasar, walaupun itu adalah masalah spele, sebaiknya berikan kenyamanan untuk user dengan baik, sehingga memungkinkan user akan membuka komunikasinya dengan lebih terbuka kepada kita, mengenai komputer dan masalah yang dialaminya

 

  • Tidak memberi informasi, segala hal hal yang baru dan berubah dalam lingkungan komputer sebaiknya di beritakan informasinya, walaupun user tidak mengerti

 

  • Kurang dokumentasi,tidak memberikan instruksi yang konsisten adalah langkah buruk bagi seorang it support, sebaiknya kita membuatkan sebuah prosedur dalam hal tertentu langkah demi langkah, sehingga user dan kita tidak repot dengan proses dan komunikasinya
  • Kebanyakan Memberi informasi.
  • Tidak memberi pelatihan.
  • Gagal mendengar

 

Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai instalasi & setting komputer
2. Memahami konsep dasar networking dan troubleshooting-nya
3. Memahami insalasi & troubleshooting hardware / software tertentu (tergantung apa yang di-support)

B2. Network Engineer adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada trobleshootingnya.Network engineer biasanya dipekerjakan di provider-provider jaringan atau multinasional dan atau yang berskala enterprise karena perusahaan tersebut membutuhkan interkoneksi data antar kantor cabang. Sertifikasi  untuk profesi ini adalah CCNA, CCNP, ataupun CCIE.

Tugas:

1. Mendesain dan membangun infrastruktur jaringan baik LAN maupun WAN

2. Memberikan solusi terbaik dalam hal infrastruktur jaringan baik dalam hal peralatan yang digunakan, efisiensi, reliability, security dan aspek-aspek lain yang terkait

3. Memastikan suatu infrastruktur jaringan computer dapat berfungsi dengan baik.

 

B3.            System Engineer/ Administrator Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk memastikan system(hardware, software, dan jaringan komputer) di suatu perusahaan berjalan di sesuaikan dengan harapan dan memegang kunci password utama jaringan internal perusahaan(Administrator). Sertifikasi untuk profesi ini contohnya adalah MCSE untuk platform Microsoft Windows.

Tugasnya:

  1. Mendesain dan membangun sistem dan jaringan komputer terutama dalam hal teknologi server dan konektifitasnya baik LAN maupun WAN.
  2. Memberikan solusi terbaik dalam hal pemilihan dan teknologi server dan software yang digunakan dalam hal efisiensi, reliability, security dan aspek-aspek lain yang terkait.
  3. Memastikan/memaintain suatu jaringan internal (baik LAN maupun WAN) dapat berfungsi dengan baik.

B4. IT Specialist adalah orang yang merekomendasikan solusi  IT  terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan performa bisnis perusahaan baik dalam hal hardware, jaringan, maupun software.

Tugas:

  1. Mendesain dan membangun sistem komputerisasi terutama dalam hal implementasi software, hardware dan jaringan.
  2. Memberikan solusi terbaik dalam hal pemilihan dan implementasi teknologi baik hardware maupun software.

C. Software Development & Consulting

Bidang profesi ini menghasilkan informasi yang berguna oleh user, dimana informasi ini berfungsi untuk mengoptimalkan berbagai macam pekerjaan.

C1.  Programer  merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program ( baik aplikasi maupun system operasi ) sesuai system yang dianalisa sebelumnya.

 

 

Tugas:

1. Membangun/mengembangkan software terutama pada tahap construction dengan melakukan coding dengan bahasa pemprograman yang ditentukan

2. Mengimplementasikan requiremant dan desain proses bisnis ke komputer dengan menggunakan algoritma /logika dan bahasa pemprograman

3. Melakukan testing terhadap software bila diperlukan.

C2.            System Analyst

Tugas:

1. Membangun/mengembangkan software terutama pada tahap requirement, design dan sebagian dalam tahap construction/implementation

2. Membuat dokumen requiremant dan desain software berdasarkan proses bisnis customer/client

3. Membuat proposal dan mempresentasikannya di hadapan stake holder / customer / client

4. Membuat desain database bila aplikasi yang akan di bangun memerlukan database

5. Membangun/mengembangkan framework/library untuk digunakan dalam pengembangan software oleh programmer.

C3. Software Quality Assurance Engineer

Tugas:

1. Memonitor jalannya proyek software development apakah sudah sesuai dengan standar dan prosedur yang ada

2. Merancang dan membuat test case / skenario software testing

3. Melakukan testing sesuai dengan test case / skenario

4. Merumuskan dan merancang peningkatkan efisiensi dan efektifitas standar proses yang digunakan.

C4.            Software Engineer

Tugas:

1. Melakukan tugas-tugas programmer, system analyst dan sebagian tugas SQA engineer

2. Merekomendasikan dan menerapkan metodologi terbaik dalam sebuah proyek software development.

C5.Database Administrator (DBA)

Tugas:

1. Merancang dan membangun database dalam sebuah sistem

2. Merekomendasikan solusi terbaik dalam implementasi database baik dalam hal software maupun hardware

3. Memaintain database agar dapat berjalan dengan baik dan optimal.

C6. Software Architect

Tugas:

1. Merekomendasikan teknologi yang paling cocok untuk mengembangkan produk software

2. Membuat standar-standar software development yang akan digunakan oleh tim programmer / developer

3. Membuat rancangan/desain software dan proses pengembangannya secara keseluruhan.

C7. Software Implementer

Tugas:

1. Melakukan instalasi/implementasi serta setting produk software di sisi client/customer

2. Memelihara dan memastikan software yang sudah diimplementasikan berjalan dengan baik

3. Melakuakan troubleshooting terhadap produk software

4. Memberikan pelatihan (training) kepada para pengguna software.

C8.Technical Consultant

Tugas:

1. Memberikan konsultansi/rekomendasi mengenai solusi IT terbaik untuk memecahkan masalah

2. Membuat dokumen seperti proposal, requirement dan desain software secara umum

3. Melakukan pelatihan (training) kepada para pengguna software.

C9. User Interface Designer

Tugas:

1. Mendesain user interface agar menarik dan serasi secara visual dan user friendly

2. Mendesain image/gambar/animasi yang akan digunakan di tampilan user interface (UI) software aplikasi.

 

 
Sumber:http://id.shvoong.com/society-and-news/2012515-pengertian-teknologi-informasi/#ixzz1qiMITN7P

http://www.myraffaell.com/blog/seorang-technical-support/

http://hidayatno.wordpress.com/2008/09/01/apa-itu-systems-engineering/

http://rutaprilia.wordpress.com/2011/06/29/profesi-dibidang-teknologi-informasi/

http://www.scribd.com/YahyaNursalim/d/77130189-JENIS-PROFESI-JENJANG-KARIR-DI-DUNIA-IT

 

Posted on 31 Maret 2012, in softskill. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: