Google Chrome OS (GoCOS)

Mungkin para pengguna internet lebih mengenal Google sebagai search engine sebagai tempat tujuan paling di utamakan untuk mengetahui berbagai hal yang tidak di ketahui. Bukan hanya dalam hal yang berhubungan dengan computer tEtapI berbagai hal dalam aspek kehidupan dapat di temukan di sini mulai dari pendefinisian sampai berbagai pengalaman dari orang-orang lain di berbagai penjuru dunia sebagaimana kegunaan dari internet itu sendiri.

Tetapi tidak hanya sukses sebagai search engine Google juga merambah ke berbagai sektor seperti adanya gmail yang dapat membantu anda berkirim-kiriman email. Google Calender dll tak hanya itu Google juga mengembangkan Android OS yg awal mulanya di rancang  untuk kebutuhan Mobile Phone dan PDA.dalam artikel ini akan membahas tenteng     Google chrome operating system atau dapat di sebutdengan GoCOS. Seperti yang dilihat dari berbagai sumber google chrome OS Sesuai namanya, sistem operasi tersebut merupakan pengembangan lanjutan proyek web browser Chrome. jika berjalan sesuai rencana,pada  akhir tahun ini GoCOS akan diluncurkan ke komunitas open source. Dan pada semester ke-2 tahun 2010, netbook (laptop) sudah dapat menggunakan sistem operasi GoCOS dengan cuma-cuma alias gratis. GoCOS juga didesain dapat diinstall untuk dekstop standar (komputer).

Di mAana tentunya Dengan platform seperti ini, maka para pengguna GoCOS akan mendapat keuntungan dari segi waktu. Akses browser internet (layanan online) dengan GoCOS akan jauh lebih cepat dari OS lain, hal ini karena tidak perlu booting (star up atau menyalakan komputer) lama. Seperti yang terjadi pada OS lain misalnya Windows OS, Mac OS, Linux OS  membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terkoneksi ke internet sejak menyalaKAN komputer karena platfotm sistem operasinya tidak dibuat khusus untuk akses ke internet. Tentunya Google chrome OS ini di buat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna netbook/notebook yang tidak bisa lepas dari mengakses internet. Sehingga GoCOS dibangun dari platform web browser.sesuai dengan kebutuhan zaman di mana saat ini teknologi berkembang pesat dari menit-ke menit.  “Kecepatan, kesederhanaan dan keamanan merupakan aspek kunci dari Sistem Operasi Chrome buatan Google,” menurut pernyataan dari Google.

Tentunya ketiga hal tersebut yang dapat di jadikan daya tarik tersendiri untuk system operasi tersebut. Selain itu ada beberapa aspek yang dapat di unggulkan dalam SO ini seperti sifatnya yang open source. Pengguna dapat dengan mudah mendapatkannya karna gratis dan berbeda dari windows yang untuk mendapatkannya ktia harus membayarnya, OS gratis ini dapat berjalan untuk sistem prosesor x86 maupun ARM.

Lalu dari segi waktu tentunya seperti yang sudah di tuliskan di atas karna di buad  Dengan platform berbasis browser, maka penggunaan GoCOS akan menghemat waktu yang cukup banyak bagi orang yang memiliki aktivitas internet/online.

Dari segi kesederhanaannya OS ini  tidak membutuhkan  hardware (prosesor, memori dll) yang besar untuk beroperasi dengan cepat. Tentunya Hal yang berbeda dengan produk OS terbaru yang membutuhkan spesifikasi tinggi agar bekerja dengan kecepatan tinggi.dan yang terpenting dari segi keamanannya GoCOS ini diharapkan bebas dari virus, malware dan tidak perlu mengupdate keamanan (antivirus). Karna dalam praktek cara kerjanya  Setiap aplikasi terdapat di dalam security sandbox  sehingga lebih sulit bagi malware dan virus untuk menjangkiti komputer anda. Di mana unsur utama yang mencirikan Chrome adalah proses isolasi setiap tab di sandbox untuk mencegah tabrakan dari satu tab dengan yang lain  dan untuk meningkatkan perlindungan dari situs-situs jahat.  Dengan OS Chrome, Internet menjadi pendukung utama untuk PC Anda untuk mencatat dokumen.Namun karena Chrome OS sangat tergantung dengan koneksi internet.

Apakah tetap dapat di gunakan jika kita tidak berada di lingkungan yang memiliki koneksi ke internet? hal itu tentunya sudah ada solusinya agar tidak menjadi kekurangan dari SO ini. Anda dapat menggunakan OS Chrome Sytem bila pengguna tidak memiliki sambungan Internet. Chrome Browser Gears mengintegrasikan secara default, sebuah teknologi yang memungkinkan para peggunanya untuk mengakses ke beberapa aplikasi seperti Google Docs, Gmail, Google Calendar, dll, yang berjalan secara langsung, bila pengguna tidak tersambung.  Jadi tanpa internet kita masih dapat menulis email, surat . Dan ketika pengguna akan terhubung ke Internet lagi, maka data Anda akan disinkronisasi dan diperbarui.

Di era informatika seperti aat ini tentunya banyak perusahaan-perusahaan IT saling berlomba lomba menemukan hal-hal baru untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat tentunya dengan meluncurkan erbagai produk-produk yang bermanfaat khususnya dalam memudahkan melakukan pekejaan  dan menghemat waktu dan biaya.tentunya setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penciptaannya.

referensi:www.google.com

http://www.wikipedia.com

http://www.bestkeywordsonline.net/2009/07/google-chrome-operating-system.html

http://fullhighdefinition.blogspot.com/2009/10/google-os-android-os-by-google-inc.html

http://www.maykdave.co.cc/2009/12/google-rilis-sistem-operasi-chrome.html

Posted on 17 Februari 2010, in softskill. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: